SELAMAT DATANG DI www.supplierpelumas.com supplier oli /Pelumas terlengkap untuk semua segment industri dan perkapalan

chat

SIFAT MINYAK ATAU PELUMAS OLI TRAFO

Beberapa sifat spesifik dari minyak isolasi harus dipertimbangkan untuk menentukan kemampuan servis minyak.
Sifat (atau parameter) oli transformator adalah:
  1. Sifat listrik: Kekuatan dielektrik, resistensi spesifik , faktor disipasi dielektrik.
  2. Sifat kimia: Kadar air, keasaman, kadar lumpur.
  3. Sifat fisik: Ketegangan antar muka, viskositas, titik nyala, titik tuang.

Sifat Listrik Minyak Transformer

Kekuatan Dielektrik Oli Transformer



test kit untuk mengukur tegangan tembus oli transformator
Kekuatan dielektrik oli transformator juga dikenal sebagai tegangan tembus (BDV) oli transformator. Tegangan rusak diukur dengan mengamati pada tegangan apa,memicuuntaian antara dua elektroda yang direndam dalam minyak, dipisahkan oleh celah tertentu. SEBUAHrendah nilai BDV menunjukkan kehadiran kadar air dan zat konduktif dalam minyak


celah elektroda dalam test kit untuk mengukur BDV minyak transformator
Untuk mengukur BDV oli transformator , alat ukur BDV portabel umumnya tersedia di lokasi. Dalam kit ini, minyak disimpan dalam pot di mana sepasang elektroda dipasang dengan jarak 2,5 mm (dalam beberapa kit 4mm) di antaranya. Sekarang tegangan naik perlahan diterapkan di antara elektroda. Laju kenaikan tegangan dikontrol pada 2 KV / s dan amati tegangan di mana percikan dimulai di antara elektroda. Itu berarti di mana kekuatan dielektrik tegangan oli transformator antara elektroda telah dipecah.
Pengukuran ini dilakukan 3 hingga 6 kali dalam sampel minyak yang sama, dan kami mengambil nilai rata-rata dari pembacaan ini. BDV adalah tes minyak transformator yang penting dan populer, karena merupakan indikator utama kesehatan minyak dan dapat dengan mudah dilakukan di lokasi.
Minyak kering dan bersih memberikan hasil BDV, lebih baik daripada minyak dengan kadar air dan kotoran pengotor lainnya. Tegangan breakdown minimum dari minyak transformator atau kekuatan dielektrik dari minyak transformator di mana minyak ini dapat digunakan dengan aman dalam transformator, dianggap sebagai 30 KV.

Ketahanan Spesifik Minyak Transforme

Ini adalah sifat penting lain dari minyak transformator. Tahanan spesifik oli adalah ukuran resistansi DC antara dua sisi yang berlawanan dari blok minyak satu cm 3 . Unitnya adalah ohm-cm pada suhu tertentu. Denganmeningkat di suhuyang resistivitas minyak menurun dengan cepat.
Hanya setelah mengisi transformator setelah lama dimatikan, suhu oli akan berada pada suhu sekitar dan selama beban penuh, suhu akan sangat tinggi dan dapat naik hingga 90 o C pada kondisi kelebihan beban. Jadi resistivitas minyak isolasi harus tinggi pada suhu kamar dan juga harus memiliki nilai bagus pada suhu tinggi juga.
Itulah sebabnya resistensi atau resistivitas spesifik oli transformator harus diukur pada 27 o C dan 90 o C.
Resistansi spesifik standar minimum dari minyak transformator pada 90 o C adalah 35 × 10 12 ohm – cm dan pada 27 o C adalah 1500 × 10 12 ohm – cm.

Faktor Disipasi Dielektrik Tan Delta dari Minyak Transformer

Faktor disipasi dielektrik juga dikenal sebagai faktor kehilangan atau tan delta minyak transformator . Ketika bahan isolasi ditempatkan di antara bagian aktif dan bagian yang dibumikan dari peralatan listrik, arus bocor akan mengalir. Sebagai bahan isolasi adalah dielektrik di alam arus yang melalui isolasi idealnya mengarah tegangan sebesar 90 o . Tegangan di sini berarti tegangan sesaat antara bagian aktif dan arde peralatan. Namun pada kenyataannya, tidak ada bahan isolasi yang sempurna dielektrik di alam.



 tan delta dari minyak transformator
Oleh karena itu arus melalui isolator akan memimpin tegangan dengan sedikit sudut sedikit lebih pendek dari 90 o .Garis singgungdari sudut mana itu adalah singkat dari 90 o disebut faktor disipasi dielektrik atau hanya delta tan minyak trafo . Lebih jelasnya, arus bocor melalui isolasi memang memiliki dua komponen, satu kapasitif atau reaktif, dan satu lagi resistif atau aktif. Sekali lagi terlihat jelas dari diagram di atas, nilai ′ δ ′ yang juga dikenal sebagai loss angle.
Jika sudut kerugian kecil, maka yg dpt melawankomponen Saya saat ini R kecil yang menunjukkan properti resistif tinggi dari bahan isolasi. Insulasi resistif tinggi adalah isolator yang baik. Oleh karena itu diinginkan untuk memilikinyakerugiansudut sekecil mungkin. Jadi kita harus berusaha menjaga nilai tanδ sekecil mungkin. Nilai tinggi tanδ ini merupakan indikasi adanya kontaminan dalam minyak transformator.
Oleh karena itu ada hubungan yang jelas antara tanδ dan resistivitas minyak isolasi. Jika resistivitas minyak isolasi menurun, nilai tan-delta meningkat dan sebaliknya. Jadi baik uji resistivitas maupun uji tan delta pada minyak transformator umumnya tidak diperlukan untuk bagian isolator atau minyak isolasi yang sama.
Dalam satu kalimat dapat dikatakan bahwa tanδ adalah ukuran ketidaksempurnaan sifat dielektrik bahan isolasi seperti minyak.

Tlp/WA 085226231890