chat

Jenis Silinder Hidraulik dan sistem kerja hidraulik

CV.SURYA GEMILANG MANDIRI

Jenis Selinder Hidrolik

Pengertian Silinder Hidrolik
Silinder Hidrolik adalah merupakan unit penggerak atau actuator pada system hidrolik alat berat yang berfungsi untuk mengubah tenaga fluida menjadi tenaga mekanik atau gerak.

Jenis Silinder Hidrolik
Berdasarkan sistem kerjanya silinder hidrolik terdiri atas Single acting Cylinder (silinder kerja tunggal) dan Double acting Cylinder (silinder kerja ganda).

Silinder Kerja Tunggal
Silinder ini disebut kerja tunggal (Ram) karena pada penggunaan cairan hidrolik hanya pada satu sisi piston saja.

Konstruksi

Konstruksi Silinder kerja tunggal terlihat pada gambar di bawah.
Prinsip kerja.
Jika rangkaian atau system hidrolik mulai bekerja maka cairan hidrolik masuk dan menekan dari sisi kiri sehingga torak bergerak ke kanan. Selanjutnya pergeseran piston telah mencapai posisi yang dikehendaki dan  cairan hidrolik tidak ada tekanan lagi, Maka plunyer kembali oleh adanya bobot dari benda yang di angkat atau  digeser. Untuk pengembalian torak ke posisi semula ada juga yang dilengkapi dengan pegas pembalik. Pemakaian silinder kerja tunggal ini digunakan pada dongkrak atau alat pembengkok pipa, crane truck dan crane boom .

Simbol silinder kerja tunggal tampak pada gambar dibawah.

Silinder Kerja Ganda
Ini merupakan aktuator system hidrolik yang paling banyak dipergunakan dalam peralatan bergerak sekarang ini. Silinder ini digunakan dalam pengimplementasian, pengemudian dan sistem lain dimana dibutuhkan silinder untuk melakukan kerja dalam dua arah.
Konstruksi
Konstruksi Silider kerja ganda seperti terlihat pada gambar

Prinsip kerja.
Jika sistem mulai bekerja maka suatu waktu cairan hidrolik masuk dan menekan dari sisi kiri sehingga torak bergerak ke kanan, bersamaan dengan itu pada sisi kanan torak cairan hidrolik tertekan dan keluar dari dalam silider selanjutnya masuk ke reservoir (Langkah 1). Sebaliknya jika menghendaki torak bergerak ke posisi semula (kiri) maka cairan hidrolik harus masuk dari sisi kanan torak, maka cairan hidrolik yang ada di sisi kiri torak akan bergerak keluar dari torak (Langkah 2). Silinder kerja ganda dapat digunakan jika menghendaki gerakan bolak-balik seperti pada mesin perkakas.

Demikian pembahasan tentang selinder hidrolik, semoga bermanfaat.