Oli atau Pelumas mesin merupakan salah satu komponen penting untuk melindungi mesin dari gesekan dan meminimalisir overheat pada mesin.

pemilihan oli yang benar dan sesuai spesifikasi yang di anjurkan  akan membuat daya tahan dan kinerja mesin mobil lebih merasa nyaman.

Jika sembarangan menggunakan jenis oli bukan tidak mungkin akan bisa merusak komponen kendaraan karena tidak sesuai dengan karakter mesin.

SEdangkan untuk membedakan jenis oli yang digunakan oleh mesin diesel dan mesin bensin dapat dilihat melalui keterangan yang ada pada kemasan.

Pada kemasan ada keterangan yang di tandai dengan huruf awal pada tipe oli tersebut.Oli untuk mesin bensin di tanda kode huruf S ( Service) atau spark plug ignition.Tanda ini berarti bahwa oli trersebut di gunakan untuk mesin yang menggunakan busi atau bensin.

Untuk mesin bensin harus menggunakan oli debgan kode huruf awalan S.misalkan API SA,SB,SC dan seterusnya. semakin tinggi abjadnya setelah huruf S akan semakin bagus Contohnya SF.

OLI MESIN DIESEL DAN OLI MESIN BENSIN

Sedangkan untuk mesin diesel biasanya menggunakan oli dengan kode huruf C 9Commercial).

Baca juga : Memahami Oli mesin Diesel

Untuk mesin diesel menggunakan olinya berbeda dengan mesin bensin,kodenga C,misalkan API CA,CD dan seterusnya,
namun ada juga pelumas mesin yang dapat di gunakan untuk kedua jenis biasanya di sebut dengan Doubel Grade.
Oli yang termasuk doubel grade akan menggunakan dua kode,yakni API SN/CF.kode tersebut menunjukan bahwa oli tersebut dapat digunakan untuk mesin bensin maupun mesin diesel.

Untuk Mendapatkan Oli berkualitas

CV.Surya Gemilang Mandiri merupakan Distributor dan supplier Oli dan menyediakan Oli Pertamina,Shell,Hydrolube dan beberapa merek lokal lainya

produk

Popular Posts